Kaidah Coaching Hubungan Industrial (9): Terhubungnya Wadah dan Isi

Tanggal .

Lahir dan batin, jiwa dan raga, wadah dan isi, adalah bagian-bagian yang berada di dalam sistem yang sama dan saling mempengaruhi satu sama lain. Context dan content selalu saling mempengaruhi.

Perusahaan sebagai sebuah institusi berisi orang-orang yang menjalankan roda bisnisnya. Pandangan perusahaan akan dipengaruhi oleh personal pejabatnya. Demikian juga sebaliknya, pandangan setiap orang yang mewakili Perusahaan akan dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan Perusahaan.

Serikat Pekerja sebagai sebuah organisasi, berisi orang-orang yang menjalankan fungsi sebagai aparat organisasi. Pandangan organisasi akan dipengaruhi siapa individu pengurus Serikat Pekerjanya. Demikian juga sebaliknya, pandangan masing-masing Pengurus Serikat Pekerja akan dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan organisasi.

Secara lebih personal, cara pikir, rasa, ucap dan laku manusia dipengaruhi oleh peristiwa atau masalah atau materi yang sedang dihadapinya. Demikian juga sebaliknya penting tidaknya sebuah peristiwa, mendesak atau tidak penyelesaiannya, tergantung siapa individu yang sedang menghadapinya.

Contoh aplikasi kaidah ini dalam dunia hubungan industrial misalnya:

  1. Saat terjadi perubahan struktur organisasi Perusahaan, baik Manajemen maupun Serikat Pekerja perlu melakukan pertemuan untuk penyelarasan.
  2. Saat terjadi perubahan struktur organisasi Serikat Pekerja, baik Manajemen maupun Serikat Pekerja perlu melakukan pertemuan untuk penyelarasan.
  3. Cara berpikir seseorang menghadapi masalah tertentu, mungkin berbeda dengan saat menghadapi masalah yang lain.
  4. Sesuatu akan dianggap sebagai suatu masalah atau tidak, tergantung bagaimana cara berpikirnya seseorang.

Semoga bermanfaat.