DIANTARA DUA HAL, ADA HAL-HAL

Tanggal .

Dunia diciptakan berpasang-pasangan. Baik dalam skala makrokosmos, maupun mikrokosmos. Baik yang telah diketahui keberpasangannya, maupun yang belum. Baik yang ada di dalam diri manusia maupun yang ada di luar.

Tahukah Anda bahwa di setiap antara dua hal, ada pilihan-pilihan di tengahnya. Bahkan ada sesuatu di luarnya. Orang menyebutnya dengan atribut sedang, agak, kurang, lebih atau sangat. Beberapa orang menggunakan ukuran numerik seperti angka atau persen. Atau mengklasifikasikannya dengan kelompok tingkatan A, B,C atau I, II, III atau simbol kategorisasi yang lain. Atau membandingkannya dengan satu ukuran standar (centimeter, kilogram, meter kubik, liter, dsb.)

Anda tentu tahu bahwa, di antara besar dan kecil ada sedang. Dan di luarnya ada sangat besar dan sangat kecil. Ada agak besar, ada kurang besar, ada lebih besar. Besar atau kecilnya sesuatu, juga diukur dengan skala atau ukuran tentu yang baku dengan angka dan satuan. Membuat kita fleksibel, untuk melihatnya secara analog atau digital.

Fleksibilitas ukuran dan kriteria di dunia ini, memungkinkan kita melihat sesuatu secara relatif dan berreferensi. Sesuatu yang baik saat ini, belum tentu baik di saat yang lain. Buruk di tempat tertentu, belum tentu buruk di tempat yang lain. Gagal di suatu hal belum tentu gagal di hal yang lain. Setiap hal memiliki koordinat ruang dan waktu tertentu. Memungkinkan kita mampu menempatkan sesuatu pada tempat, waktu, ukuran dan kemanfaatannya.

Relativitas realita dunia ini juga membuat kita tidak lekas menyimpulkan atau melabeli sesuatu. "Anda hebat". Hebat dibanding apa, siapa, kapan, di mana, dengan ukuran apa dan kriteria apa?

Ketersediaan dan keberlimpahan fakta dan informasi yang continuum (tidak berkutub), serba relatif dan dinamis, semoga membuat kita makin arif dan tenang.

Seseorang yang salah di suatu waktu, belum tentu akan selalu salah di kali yang lain. Demikian juga sebaliknya.

Potensi sukses, baik, bahagia, pandai, kaya, sehat, pulih, bijaksana, menembus target, dihargai, diakui, trampil dan berprestasi, selalu ada didepan sana.