COACHING GENIUS BATCH 15

Tanggal .

BE YOURSELF - LEAD YOURSELF

Karena Anda adalah apa yang Anda pikirkan, rasakan, ucapkan dan lakukan. Maka memimpin diri Anda menuju Visi, Mimpi, Cita-Cita adalah memimpin Pikir-Rasa-Ucap-Laku Anda.

Michael Hall PhD., mengatakan bahwa “Kualitas Hidup Anda adalah kualitas makna dan state Anda”. Dan sangat menakjubkan, bahwa kualitas manusia ternyata ditentukan oleh makna dan pengelolaan state-nya. State dalam bahasa umum dipadankan dengan keadaan diri, suasana jiwa atau mood. Dan dimaknai secara teknis sebagai sebuah sistem dinamis jiwa-raga (mind-body system) yang mengatur keselarasan pikiran, perasaan, ucapan dan perilaku, melalui ketrampilan manusia memaknai sesuatu dan keinginannya untuk beraktualisasi diri.

Dan tidaklah berlebih-lebihan kiranya bila saya menyimpulkan bahwa kualitas Leadership seseorang sangat ditentukan oleh kualitas Self-Leadership-nya. Demikian juga kualitas Leadership dari sebuah komunitas, masyarakat atau organisasi sangat ditentukan oleh kualitas Self-Leadership orang-orang yang ada di dalamnya.

Lebih mengerucut lagi, Leadership adalah Emotional Intelligence. Leadership akan terbentuk atau hancur berantakan tergantung bagaimana mengelola emosi.