ANTARA STIMULUS, RESPONSE DAN OPSI-OPSI

Tanggal .

Di tengah-tengah antara Stimulus dan Response ada berbagai macam pilihan. Ada berbagai bentuk opsi-opsi.

Seberapa cepat Anda melewatinya? Seberapa lambat Anda melaluinya?

Ada di antara kita yang melewati rentang antara stimulus dan response dengan lama. Setiap pilihan ditelaah dengan hati-hati. Dipikirkan untung dan rugi. Mencari cara berpikir, beremosi, berucap dan berbuat yang terbaik. Mencari keselarasan, keseimbangan, keharmonisan. Mengambil ikan tanpa mengeruhkan airnya.

Ada kalanya waktu yang diperlukan sedemikian panjang. Atau tidak ada keputusan sama sekali. Ada yang melakukan tanggapan jitu dan mangkus, setelah melewati proses refleksi tuntas.

Ada di antara kita yang melewati rentang stimulus dan response dengan cepat. Setiap pilihan dilihat secepat kilat. Pertimbangan untung dan rugi terlewatkan, karena tertutup semangat dan urgensi. Cara berpikir, beremosi, berucap dan berbuat, ditetapkan dengan lekas. Keselarasan, keseimbangan dan keharmonisan tidak diselidiki. Ikan lebih penting dari apakah airnya menjadi keruh atau tidak.

Ada kalanya waktu yang diperlukan sangat cepat. Keputusan diambil dengan terburu-buru. Ada juga yang melakukan tanggapan sigap dan tangkas, karena terlatih dan trampil.

Ada di antara kita yang tidak melewati sama sekali rentang stimulus dan response. Setiap stimulus langsung terhubung tanpa sadar menjadi response. Dalam bentuk pikiran benar salah, perasaan baik buruk, ucapan tertata atau acak dan perbuatan yang anggun atau spontanitas. Keselarasan, keseimbangan dan keharmonisan menjadi bukan variabel lagi. Ikan dan airnya, sama-sama tidak penting.

Apakah Anda menyadari bahwa di antara stimulus dan response ada rentang yang dapat Anda rentangkan sesuka Anda? 

Untuk menghasilkan tanggapan terbaik sesuka Anda?

Untuk menghasilkan keselarasan, keseimbangan dan keharmonisan termolek sesuka Anda?

Untuk menjauhi penyesalan dan rasa bersalah sesuka Anda?