Well-formed Outcomes (WFO), Metoda Efektif Mencapai Yang Anda Inginkan (seri 1)

Tanggal .

Di dunia Meta-Coaching dikenal sebuah metoda atau pola coaching yang telah terbukti efektif untuk memfasilitasi Client atau Coachee dalam lebih menspesifikkan apa yang ingin dicapai (outcome atau goal).

Mengapa perlu lebih spesifik? Karena dengan semakin spesifik tujuan, maka Client akan lebih mudah membuat rencana, strategi, mitigasi resiko dan mengidentifikasi sumber daya apa saja, baik internal maupun eksternal, yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Metoda ini disebut dengan Well-Formed Outcomes yang terdiri dari 18 pertanyaan, yang terbagi ke dalam 4 kelompok besar yaitu:

1. Pertanyaan Tujuan: 3 pertanyaan
2. Pertanyaan Konteks: 3 pertanyaan
3. Pertanyaan Strategi: 9 pertanyaan
4. Pertanyaan KPI (Key Performance Indikator): 3 pertanyaan

Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan self-coaching, di mana Coach dan Clientnya adalah Anda sendiri. Tujuannya adalah untuk menspesifikkan tujuan Anda, sehingga Anda akan merasa lebih jelas, terang dan mudah untuk mencapainya.

1. Pertanyaan Pertama: Apa yang benar-benar Anda inginkan?

Menjawab pertanyaan ini, umumnya Anda akan memberikan sederet keinginan yang selama ini belum tercapai. Ada keinginan jangka pendek, menengah maupun panjang. Semuanya berbaur jadi satu, sporadis dan tidak sistematik.

Namun jangan khawatir...

Karena pertanyaan pertama ini memang bertujuan untuk "mengeksplorasi" segala harapan dan apa-apa yang ingin dicapai dalam kehidupan Anda. Beri ruang dan kesempatan yang longgar bagi Anda untuk menuangkan seluruh aspirasi, bahkan keinginan yang paling lucu atau paling aneh sekalipun.

Bisa jadi keinginan itu bukan keinginan Anda, tetapi keinginan orang-orang terdekat Anda. Di mana Anda sudah tidak mampu lagi membedakan antara keinginan Anda, dengan keinginan orang-orang tersayang Anda. Karena sudah demikian dekatnya.  Semuanya boleh dituangkan, tanpa ada larangan sedikitpun. Supaya tidak lupa, Anda bisa menuliskan semuanya di atas secarik kertas, di atas white board atau note book Anda. Apakah Anda sudah siap memulainya?

Setelah selesai, saat Anda sudah menuliskan seluruh keinginan Anda,  langkah berikutnya adalah mengurutkan dari atas ke bawah, mana yang paling penting menurut Anda saat ini?

Renungkan beberapa kali sampai Anda menemukan urutan yang paling sesuai dengan kata hati Anda.

Apakah Anda sudah mantap dengan keputusan dan pilihan Anda? Bila sudah, lingkari pilihan paling penting Anda dan tanyakan lagi dalam hati Anda, apakah itu yang benar-benar Anda inginkan saat ini.

 

Salam Inovasi

Mohammad Utoro, ST, MMpc, ACMC